Informasi penting seputar pendidikan matematika

Tuesday, 24 April 2018

SOAL PEMANTAPAN UN MATEMATIKA SMP 2018-2019 (NOMOR 1-15)

UNBK SMP mata pelajaran matematika tahun 2018 telah usai hari ini (24/04). Semoga hasilnya memuaskan dan sesuai dengan usaha keras adik-adik semuanya. Dengan selesainya UNBK matematika hari ini, maka tiba saatnya bagi adik-adik calon siswa kelas IX untuk mempersiapkan diri menjadi peserta/nominator UNBK di tahun ajaran 2018-2019. Sudah siapkah kalian? Harus siap yaaaa.... :)

Bagi adik-adik yang sudah sangat suka dengan matematika, tentunya soal pemantapan menjadi makanan sehari-hari yang harus segera dicari mulai sekarang. Namun bagi yang kurang menyukai matematika, tidak terlambat jika kalian mulai belajar menyukainya mulai hari ini.

WELL, berikut ini akan kami berikan soal pemantapan UNBK Matematika SMP tapel 2018-2019 untuk bekal belajar untuk kalian mendapat nilai 100 di mata pelajaran matematika. Sebagai bonusnya, akan kami sajikan pula pembahasan-pembahasannya (barangkali ada beberapa soal yang adik-adik tidak tahu cara menyelesaikannya. But, kami yakin adik-adik adalah SMART PEOPLE. hehehehehe). Pembahasan akan kami bagi menjadi beberapa bagian ya. Adik-adik tinggal klik-klik saja.

Semoga dengan adanya pembahasan ini, adik-adik lebih semangat belajar matematika dan tulisan ini menjadi teman belajar yang asik buat kalian semuanya. Semoga bermanfaat dan tetap semangat .....

Pembahasan SOAL PEMANTAPAN UN MATEMATIKA SMP 2018-2019 (nomor 1-15)
Pembahasan SOAL PEMANTAPAN UN MATEMATIKA SMP 2018-2019 (nomor 16-30)
Pembahasan SOAL PEMANTAPAN UN MATEMATIKA SMP 2018-2019 (nomor 31-45)
Pembahasan SOAL PEMANTAPAN UN MATEMATIKA SMP 2018-2019 (nomor 46-60)
Pembahasan SOAL PEMANTAPAN UN MATEMATIKA SMP 2018-2019 (nomor 61-selesai)
Link download SOAL PEMANTAPAN UN MATEMATIKA SMP 2018-2019 (PDF)

Pembahasan SOAL PEMANTAPAN UN MATEMATIKA SMP 2018-2019 
(nomor 1-15)



1.      Hasil dari (–17 × (–20)) – (90 : 15) adalah ....
A.    346
B.     334
C.     –334
D.    –346
Pembahasan :
(–17 × (–20)) – (90 : 15) = (340) - (6) = 334 (B)

2.       Suatu makanan mempunyai suhu mula-mula 180C. Makanan tersebut dipanaskan hingga suhunya naik sebesar 730C, lalu dihidangkan. Selama dihidangkan, suhu makanan tersebut turun 30C setiap menitnya. Suhu makanan setelah 12 menit setelah dihidangkan pertama kali adalah....
A.     370C
B.     380C
C.     540C
D.    550C
Pembahasan:
(18 + 73) - (3 x 12) = 91 - 36 = 55 (D)
 
 
4.   Ibu  membeli 3 ½ kg  keju untuk bahan penbuatan kue, pada hari berikutnya  ibu membeli keju lagi 2 ¾ kg. Jika hasil pembelian ibu  dikantongi  dengan berat tiap kantong 1¼ kg, maka banyak kantong yang didapat  adalah ....
A.    25 kantong
B.     20 kantong
C.     8 kantong
D.    5 kantong
Pembahasan :
(3 ½ + 2 ¾) : 1¼ = (3 + 2) (½ + ¾) : 5/4 = 5 (2/4 + 3/4) : 5/4 
= (5) (5/4) : 5/4 = 5 (D)
5.      Hasil dari 33 + 32 + 31 + 30 adalah ....
  A.      36
  B.       38
  C.       40
  D.      42
  Pembahasan :
  33 + 32 + 31 + 3
       =  27 + 9 + 3 + 1
       = 40 (C)


 
 
8.   Perhatikan pola berikut!    
 
     Banyaknya lingkaran pada pola ke-8 adalah …
A.    99 buah
B.     80 buah
C.     63 buah
D.    48 buah

Pembahasan :
Pola horizontal pada bagian bawah adalah 4, 5, 6, 7, ...
Pola vertikal pada bagian kanan adalah 2, 3, 4, 5, ...
Sehingga dapat disimpulkan pola horizontal pada bagian bawah suku ke-8 adalah 11 
dan pola vertikal pada bagian kanan suku ke-8 adalah 9.
Sehingga, banyaknya lingkaran pada pola ke-8 adalah 11 x 9 = 99 (A) 

9.      Jumlah bilangan kelipatan 3 antara 200 dan 400  adalah ....
A.    15.300
B.     16.100
C.     17.300
D.    20.100

Pembahasan :
a = 201
b = 3
Un = 399
 Un = a + (n - 1) b = 399
    201  + (n - 1) 3 = 399
                   3n - 3 = 399 - 201
                   3n - 3 = 198
                         3n = 198 + 3
                         3n = 201
                          n = 201 : 3 = 67
   Un  = n/2 (a + Un)
   S67 = 67/2 (201 + 399)
         = 67/2 (600)
         = 20.100  (D)
       
 10.  Diketahui pola bilangan : 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, .  
Suku ke-1888 adalah ….
 A.      3
 B.      5
 C.      9
 D.      11
Pembahasan :
Pada pola bilangan 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13, . terdapat 7
bilangan  yang berulang, yakni  1, 3, 5, 7, 9, 11, 13. Sehingga = 1888 : 7 = 269 sisa 5.
Pola bilangan pada suku ke-5 adalah 9. Atau dengan kata lain suku ke-1888 = suku ke-5 = 9
(C)

11.  Suku ketiga dan kedelapan suatu barisan aritmetika berturut-turut adalah 7 dan 17. Suku ke-15 barisan tersebut adalah ….
A.    31
B.     41
C.     62
D.    72
Pembahasan :
Dengan cara trial and error, dapat diketahui bahwa pola yang terbentuk dari setiap suku 
adalah ditambahkan 2. Jadi, suku ke-15 nya adalah 17 + 2 (7) = 17 + 14 = 31 (A) 

12.  Andi menghitung jumlah 99 bilangan asli yang pertama, dan diperoleh hasil 4911, ternyata ada tiga bilangan berurutan yang terlewatkan. Ketiga bilangan yang terlewat tersebut adalah ....
A.    12, 13 dan 14
B.     14, 15 dan 16
C.     45, 46 dan 47
D.    62, 63 dan 64
Pembahasan :
1 + 2 + 3 + ... + 97 + 98 + 99 
= 100 x 49 pasang bilangan = 4900 
= 4900 + 50 (sebab 50 tidak punya pasangan) = 4950
Kemudian,
4950 - 4911 = 39
Sehingga 3 bilangan yang dimaksud adalah 12, 13, 14 (sebab 12 + 13 + 14 = 39)
      
   

14.  Pak Roni memiliki sebidang tanah berbentuk persegipanjang berukuran 4cm × 6cm yang digambar dengan skala 1 : 400. Jika di atas tanah akan di buat 3 buah  kolam  ikan  yang  berukuran sama yaitu 1cm × 2cm sedangkan sisanya akan digunakan sebagai kebun, maka luas sebenarnya dari kebun tersebut adalah ....
A.    32m2
B.     84m2
C.     288m2
D.    384m2
     Pembahasan :
     Luas tanah = 4 x 6 x 400 x 400 = 3840000 cm2 = 384 m2 
     Luas 3 buah kolam = 3 x 1 x 2 x 400 x 400 = 960000 cm2 = 96 m2
     Luas kebun = 384 - 96 = 288 m2

15.  Perbandingan Uang Budi : Ika  = 3 : 5 . Perbandingan uang Ika : Adi = 2 : 3. Jika selisih uang Adi dan Ika Rp55.000,00, maka jumlah uang Adi dan uang Budi adalah ….
A.   Rp99.000,00
B.   Rp110.000,00 
C.   Rp176.000,00
D.   Rp231.000,00
Pembahasan :
Dengan cara perbandingan bertingkat, akan didapatkan B : I : A = 6 : 10 : 15 
A - I = 15x - 10x = 5x = 55.000
                                 x = 11.000
A + B = 15x + 6x = 21x = 21 . 11000 = 231000 (D)


SOAL PEMANTAPAN UN MATEMATIKA SMP 2018-2019 (NOMOR 1-15) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iron_man

0 comments:

Post a Comment