Berbeda dengan
teori global yang menggambarkan perkembangan menuju kematangan kognitif, teori
lokal (perkembangan kognitif) lebih menggambarkan pada tahapan seorang dalam
proses mengonstruksi obyek matematika (fakta, konsep, operasi, prinsip) atau
dalam memecahkan masalah matematika. Dalam hal ini terdapat beberapa pendapat
yang mengungkapkan teori lokal perkembangan kognitif, antara lain oleh : (1)
Biggs & Collis (1991) tentang model SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes);
(2) Dubinsky – teori APOS (Action –
Process – Object – Schema); (3) Davis – teori tentang procedure, integrated process, entity; dan (4) Gray & Tall –
teori tentang Base objects, procedur,
process, procept. Teori lokal perkembangan kognitif dirangkum sebagai
berikut.
Tabel 2.1. Siklus Perkembangan Kognitif Lokal
SOLO – Biggs & Collis
|
APOS – Dubinsky
|
Davis
|
Gray & Tall
|
·
Unistructural
·
Multistructural
·
Relational
·
Unistructural
(Extended Abstract)
|
·
Action
·
Process
·
Object
·
Schema
|
·
Procedure
·
Integrated Process
·
Entity
|
·
Base Objects
·
Procedure
·
Process
·
Procept
|
Khusus dalam
proses mengonstruksi konsep, terdapat hubungan “kesejajaran” dari keempat teori
lokal tersebut. Hubungan tersebut disajikan dalam tabel 2.2 berikut.
Tabel 2.2 Kesejajaran Teori Lokal dalam Mengonstruksi Konsep
SOLO – Biggs & Collis
|
APOS – Dubinsky
|
Davis
|
Gray & Tall
|
Unistructural
|
Procedure
|
Base Objects
|
|
Multistructural
|
Action
|
Procedure
|
|
Relational
|
Process
|
Integrated Process
|
Process
|
Unistructural (extended
abstract)
|
Object
Schema
|
Entity
|
Procept
|
0 comments:
Post a Comment