Friday, 2 March 2018
NCTM dan Perannya dalam Pendidikan Matematika
Apa itu NTCM?
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM) merupakan Dewan Nasional Guru Matematika (NCTM) didirikan pada 1920. Organisasi terbesar di dunia yang peduli terhadap pendidikan matematika, memiliki hampir 100.000 anggota di seluruh Amerika Serikat dan Kanada, dan internasional.
NCTM merupakan suara publik pendidikan matematika, mendukung para guru untuk memastikan matematika diajarkan dengan kualitas terbaik untuk semua siswa melalui visi, kepemimpinan, pengembangan profesional, dan penelitian.
Publikasi standar NCTM dari masa ke masa :
• Awal tahun 1980 : An Agenda for Action (1980s)
• Tahun 1989 : Curriculum and Evaluation Standards (1989)
• Tahun 1991 : Professional Teaching Standards (1991)
• Tahun 1995: Assessment Standards (1995)
• Bulan April 2000 : NCTM Principles and Standards for School Mathematics
Jika ingin mendapatkan file.nya silakan akses langsung web NCTM di sini
Enam prinsip dasar untuk mencapai pendidikan matematika yang berkualitas tinggi:
• Kesetaraan
• Kurikulum
• Pengajaran
• Pembelajaran
• Penilaian
• Teknologi
Lima Standar Isi: Prinsip-prinsip dan standar NCTM memberikan lima standar isi matematika, diantaranya:
• Bilangan dan operasinya
• Aljabar
• Geometri
• Pengukuran
• Analisis data dan Probabilitas
Lima Standar Proses: Prinsip-prinsip dan standar NCTM memuat lima standar proses matematika, diantaranya:
• Pemecahan Soal
• Pemahaman dan Bukti
• Komunikasi
• Hubungan
• Penyajian
Standar Profesional Mengajar Matematika:
Guru harus mengubah pendekatan pengajarannya dari pengajaran terpusat pada guru menjadi pengajaran terpusat pada peserta didik.
Standar Mengajar:
Standar profesional untuk mengajar matematika memuat tentang pengajaran, perkembangan pengajaran, perkembangan pengajaran, pengembangan keprofesionalan, dan pendukung yang diperlukan untuk pengajaran.
Standar Penilaian Matematika:
Dokumen Standar Penilaian tidak berisi petunjuk bagaimana menilai, tetapi berisi pengetahuan tentang filosofi dan maksud penilaian.
Tujuan penilaian, yaitu:
- Untuk memonitor kemajuan siswa
- Untuk membantu menyiapkan pengajaran
- Untuk menilai prestasi belajar siswa
- Untuk menilai program
Beberapa Hasil Penelitian tentang Kemampuan Penguasaan Matematika Siswa Sebagai Implementasi dari Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Kelas:
• The National Assessment of Educational Progress (NAEP)
• The Third International Mathematics and Science Study
Demikian, Semoga bermanfaat!
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment