Assalamu'alaikum wr wb
Kuliah Tren Pendidikan Matematika mengaji tentang isu-isu
terkini yang dapat diangkat sebagai bahan penelitian di bidang Pendidikan
Matematika. Mata kuliah ini berisi pengetahuan dan wawasan tentang paradigma
pembelajaran matematika, model/pendekatan/strategi/metode pembelajaran
matematika, dan implikasinya terhadap arah pembelajaran matematika yang
mutakhir. Selain itu, mata kuliah ini berisi wawasan tentang ranah penelitian
pendidikan matematika masa kini.
Mata Kuliah ini penting bagi mahasiswa program studi
pendidikan matematika, karena:
- Sebagai calon guru matematika, mahasiswa harus memiliki pengetahuan dan wawasan tentang paradigma dan model/pendekatan/strategi/metode pembelajaran matematika serta isu-isu terkini tentang pembelajaran matematika.
- Mahasiswa dapat memahami wawasan penelitian pendidikan matematika sehingga dapat digunakan sebagai bahan kajian untuk referensi penelitian dewasa ini atau penyusunan skripsi.
Materi dan Timeline
- Strageic Teacher View Download
- Kaiser, G. & Stillman, G. (2011). Trends in Teaching and Learning of Mathematical Modelling. New York: Springer Dordrecht Heidelberg. OECD 2009, 2012, dan 2015 (Result of Programme for International Student Assessment/PISA)
- Oesterle, S., Nicol, C., Liljedahl, P., & Allan, D. (Eds.). (2014). Proceedings of the 38th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education and the 36th Conference of the North American Chapter of the Psychology of Mathematics Education. Vancouver, Canada: PME.
- Silver, H. F., Strong, R. W., & Perini, M. J. (2007). The Strategic Teacher: Selecting the Right Research-Based Strategy for Every Lesson. Alexandria, Virginia USA: ASCD.
- Pound, Linda & Lee, Trisha. (2011). Teaching mathematics creatively. New York: Routledge.
- TIMSS 2011 International Results in Mathematics
- TIMSS 2015 International Results in Mathematics
- Pearson, E. & Degotardi, S. (2009). Education for sustainable development in early childhood education: A global solution to local concerns? International Journal of Early Childhood, 41(2), 97-111.
Wassalamu'alaikum wr wb
0 comments:
Post a Comment