Informasi penting seputar pendidikan matematika

Thursday 8 March 2018

GEOMETRY EUCLID, AFFINE, TERURUT, LOBACHEVSKY, DAN ELIPTIK

Euclides


Assalamu'alaikum wr. wb. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan-Nya.
Bolehlah sedikit saya sharing sedikit tentang belajar Geometri. semoga apa yang saya share ini bermanfaat bagi kita semua. 
Euclides telah mengumpulkan materinya dari beberapa sumber, maka tidak mengherankan bahwa geometri Euclides dapat diambil sarinya berupa dua geometri yang berlainan dalam dasar logikanya, pengertian pangkalnya dan aksiomanya. Kedua geometri itu adalah Geometri Affine dan Geometri Absolut atau Geometri Netral. 
Pada geometri euclides didasarkan pada 5 kelompok aksioma yaitu:
I.                   Kelompok aksioma urutan
II.                Kelompok aksioma kongruensi
III.             Kelompok aksioma insindesi
IV.             Kelompok aksioma kesejajaran euclides
V.                Kelompok aksioma kekontunuan
Yang pertama memperkenalkan Geometri Affine adalah Leonhard Euler dari Jerman (1707 – 1793). Dalam geometri ini, garis paralel tunggal, sesuai Postulat Playfair, “ Melalui satu titik yang diketahui, tidak pada suatu garis yang diketahui, hanya dapat dibuat satu garis yang paralel dengan garis itu”,  memegang peranan yang penting sekali. Karena dalam geometri ini lingkaran tidak disebut-sebut dan sudut-sudut tidak pernah diukur, maka dapat dikatakan, bahwa geometri ini mempunyai dasar aksioma I dan II, dari aksioma Euclides. Aksioma III dan IV tidak berarti sama sekali.
Geometri Absolut pertama kali dikenalkan oleh J. Bolyai dari Hongaria (1802 – 1860). Geometri ini didasarkan pada 4 aksioma pertama dari Euclides dan melepaskan aksioma V. Dengan demikian, geometri Affine dan geometri Absolut mempunyai dasar persekutuan yaitu pada Aksioma I dan Aksioma II. Ada pula suatu inti dari dalil-dalil yang berlaku untuk keduanya, yaitu pengertian Keantaraan ( Intermediacy ). Pengertian itu terkandung dalam definisi keempat dari Eulides.
Geometri yang menjadi dasar dari geometri Affine dan geometri Absolut ini disebut Geometi Ordered ( Geometri Terurut ), karena dalam hal ini urutan memegang peranan penting. Geometri Terurut ini berdasarkan dua aksioma pertama dari Euclides, tetapi penyajiannya lebih teliti. Jadi Geometi Affine dan geometri absolut termuat dalam Geometri terurut, sedangkan Geometri Euclides termuat dalam Geometri Affine dan Geometri absolut.

Berikut saya lampirkan PPT hasil diskusi di kuliah dahulu. 
1. Geometry Euclides 1 Unduh
2. Geometry Euclides 2 Unduh
3. Geometry Euclides 3 Unduh
4. Geometry Affine 1 Unduh
5. Geometry Affine 2 Unduh
6. Geometry Terurut 1 Unduh
7. Geometry Terurut 2 Unduh
8. Geometry Terurut 3 Unduh
9. Geometry Lobachevsky Unduh
10. Geometri Eliptik Unduh

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung. 
Wassalamu'alaikum wr. wb.



GEOMETRY EUCLID, AFFINE, TERURUT, LOBACHEVSKY, DAN ELIPTIK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iron_man

0 comments:

Post a Comment