Informasi penting seputar pendidikan matematika

Saturday 25 July 2015

Model Bruner


Jerome Burner
Jerome Burner berpendapat bahwa belajar matematika ialah belajar tentang konsep-konsep dan struktur-struktur matematika yang terdapat dalam materi yang dipelajari serta mencari hubungan-hubungan antara konsep-konsep dan struktur-struktur matematika itu.
Bruner dalam belajar matematika menekankan pendekatan dengan bentuk spiral. Pendekatan spiral dalam belajar mengajar matematika adalah menanamkan konsep dan dimulai dengan benda kongkrit secara intuitif dapat dihasilkan suatu kesimpulan (discovery learning), kemudian pada tahap-tahap yang lebih tinggi (sesuai dengan kemampuan siswa) konsep ini diajarkan dalam bentuk yang abstrak dengan menggunakan
notasi yang lebih umum dipakai dalam matematika.
Bruner menekankan suatu proses bagaimana seseorang memilih, mempertahankan, dan mentransformasi informasi secara aktif. Proses tersebut merupakan inti utama dari belajar. Oleh karenanya Bruner memusatkan perhatian pada masalah apa yang dilakukan manusia terhadap informasi yang diterimanya dan apa yang dilakukan setelah menerima informasi tersebut untuk pemahaman dirinya.
Menurut Bruner, agar proses mempelajari sesuatu pengetahuan atau kemampuan berlangsung secara optimal, dalam arti pengetahuan kemampuan dapat diinternalisasi dalam struktur kognitif orang yang bersangkutan. Kemampuan tersebut dibagi dalam 3 tahap yaitu, tahap enaktif, tahap ikonik, dan tahap simbolik.
a.         Tahap Enaktif.
Pada tahap ini peserta didik di dalam belajarnya menggunakan atau memanipulasi, mengutak-atik obyek-obyek secara langsung.
b.        Tahap Ikonik.
Pada tahap ini menyatakan bahwa kegiatan anak-anak mulai menyangkut mental yang merupakan gambaran dari obyek-obyek. Dalam tahap ini, peserta didik tidak memanipulasi langsung obyek-obyek, melainkan sudah dapat memanipulasi dengan menggunakan gambaran dari obyek.
c.         Tahap Simbolik,
Pada tahap ini anak dapat memanipulasi simbol-simbol secara langsung dan tidak ada berkaitan dengan objek-objek. Anak mencapai transisi dari penggunaan penyajian ikonik ke penggunaan penyajian simbolik yang didasarkan pada sistem berpikir abstrak dan lebih fleksibel. Dalam penyajian suatu pengetahuan akan dihubungkan dengan sejumlah informasi yang dapat disimpan dalam pikiran dan diproses untuk mencapai pemahaman.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, maka untuk mengajar suatu hal tidak perlu menunggu sampai anak mancapai tahap perkembangan tertentu. Dengan kata lain perkembangan kognitif seseorang dapat ditingkatkan dengan jalan mengatur bahan yang akan dipelajari dan menyajikannya sesuai dengan tingkat perkembangannya. Perbedaan mendasar antara teori burner dan piaget adalah urutan tahap berpikir tidak dikaitkan dengan usia peserta didik. Bruner mengemukakan empat teori belajar sebagai berikut :
1.      Teorema Konstruksi,  menyatakan bahwa cara berpikir terbaik bagi seorang peserta didik untuk memeulai belajar konsep dan prinsip didalam matematika adalah dengan mengkonstruksi konsep dan prinsip itu. Menurut Bruner, khusus untuk anak-anak kecil, mereka harus mengkonstruksi sendiri gagasan-gagasan yang dipelajarinya, terlebih baik lagi bila anak tersebut menggunakan benda-benda konkrit di dalam merumuskan gagasan-gagasan tersebut.
2.      Teorema Notasi, menyatakan bahwa konstruksi permulaan belajar di buat lebih sederhana secara kognitif dan dapat dimengerti lebih baik oleh peserta didik, jika konstruksi itu menurut notasi yang sesuai dengan tingkat perkembangan mental peserta didik.
3.      Teorema Perbedaan dan Notasi, menyatakan bahwa prosedur belajar gagasan-gagasan matematika yang belajar dari konkrit ke abstrak harus disertakan perbedaan dan variasinya. Suatu konsep matematika biasanya akan bermakna bagi peserta didi apabila konsep itu dibandingkan dengan konsep yang lain.
4.      Teorema Konektivitas, menyatakan bahwa di dalam matematika setiap konsep,struktur dan ketrampilan dihubungkan dengan setiap konsep,struktur dan ketrampilan yang lain.

Model Bruner Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Iron_man

1 comments:

  1. The casino with roulette machines | Vannienailor4166 Blog
    Casino roulette febcasino game is one of the jancasino.com most popular casino games casinosites.one in Malaysia. It https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ offers the latest games with the best odds, with big payouts and titanium flat iron easy

    ReplyDelete